VoIP ( Voice over Internet Protocol )

Sebuah telepon VoIP atau IP telepon yang mengambil sinyal audio analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital , dan transfer mereka melalui Internet . VoIP bekerja seperti telepon biasa , rute panggilan telepon VoIP langsung ke telepon Anda menggunakan koneksi internet kecepatan tinggi .

Banyak perusahaan – perusahaan besar yang rela membayar mahal untuk menggunakan kabel perusahaan telepon VoIP demi mendapatkan kemudahan dalam komunikasi yang dapat bertatap muka langsung antar perorang atau lebih. Selain itu Pemilik perusahaan juga menyadari bahwa perusahaan akan menghemat hingga 70% tagihan telepon. Benar-benar . banyak keuntungannya setelah beralih menggunakan layanan telepon VoIP. Dengan pesatnya perkembangan Komunikasi melalui telepon VoIP ini khusunya pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin menggunakannya sebagai salah satu bentuk pelayanan dilingkungan Perkantoran Terpadu pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Melaui Dinas Komunikasi dan informatika pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Seksi Telematika dan Konten akhir tahun 2014 yang lalu sudah dapat mengintegrasikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik Biro, Badan, dan Kedinasan dalam kompleks perkantoran terpadu pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggunakan layanan Telepon VoIP dan jaringan internet melalui Kabel Fiber Optik. Layanan Telepon VoIP ini baru di pasang hanya untuk setingkat Kepala Dinas, Badan atau Kepala Biro dan di ruangan Sekretariat.

 
   

Namun setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik Biro, Badan, dan Kedinasan dalam kompleks perkantoran terpadu pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menggunakan jaringan internet yang telah terkoneksi melalui server mini yang telah disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara gratis tanpa delimited. Demikian halnya dengan Layanan Telepon VoIP setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik Biro, Badan, dan Kedinasan dalam kompleks perkantoran terpadu pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat  menggunakannya dengan gratis pula, hanya dengan menekan nomor Ekstension setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik Biro, Badan, dan Kedinasan dalam kompleks perkantoran terpadu pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dituju maka secara otomatis langsung dapat berkomunikasi dan bertatap muka langsung dengan orang yang kita ajak bicara.

Mengingat pentingnya perangkat peralatan Sarana Komunikasi dan Jaringan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik Biro, Badan, dan Kedinasan dalam kompleks perkantoran terpadu pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maka ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita bersama antara lain :

  1. Setiap SKPD sangat diharapkan dapat menjaga dan merawat perangkat yang terpasang
  2. Semua Perangkat Peralatan yang terpasang disetiap SKPD merupakan Barang / Aset Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  3. Setiap Perangkat yang terpasang di setiap SKPD dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan di setiap SKPD
  4. Sangat diharapkan untuk tidak memindahkan perangkat yang terpasang sebelum melakuan kordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika
  5. Jika terjadi kerusakan diakibatkn masalah teknis pada perangkat peralatan yang terpasang setiap SKPD dapat menghubungi pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  6. Jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti kehilangan, maka menjadi tanggungjawab setiap SKPD

Untuk mempercepat implementasi E-Government dan untuk memperlancar proses komunikasi data maupun audio visual di lingkungan Komplek Pemerintahan Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan peningkatan kapasitas jaringan komunikasi dengan menggunakan jaringan Kabel Optik. Jaringan ini diharapkan bisa mengintegrasikan seluruh aplikasi-aplikasi intranet ataupun layanan  internet di seluruh SKPD Pemerintah Provinsi Bangka Belitung seperti SIPKD, SKP, SIMPEG, Website SKPD maupun aplikasi E-Government lainnya yang akan di implementasikan di masa mendatang. Untuk memaksimalkan pemanfaatan jaringan kabel optik ini diharapkan setiap SKPD bisa membenahi jaringan LAN (Local Area Network) masing-masing agar bisa terhubung dengan jaringan kabel optik yang ada.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Riswanto

Artikel Lainnya

19 Oct 2017 | Anna Tiffanie, S...

11 May 2015 | http://prakom....

11 May 2015 | http://prakom....

04 May 2015 | Dinas Kominfo...

21 Jul 2014 | Yii Indonesia...

05 Jul 2014 | www.teknologi-...

Artikel Populer

11 May 2015 | 1,259 views

11 May 2015 | 801 views

05 Jul 2014 | 787 views