Seksi Aplikasi Telematika

Kontak
Alamat
Telp/Fax
Email
Website
Kepala

Nama
Erman Arif, ST
NIP
19730518 200501 1 008
Pangkat / Golongan
Penata / III/d
Pendidikan Terakhir
S1 Teknik Informatika
Pengalaman
  1. Staf PDE dan Santel Setda Kabupaten Bangka, 2005-2008
  2. Kasi Telematika Telematika dan Konten Dinas Kominfo Provinsi Kep. Bangka Belitung, 2008-Sekarang
Selayang Pandang
Visi dan Misi
Tugas Pokok dan Fungsi
  1. Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan Aplikasi Telematika;
  2. Pelaksanaan penyusunan rencana kerja dan anggaran kegiatan Aplikasi Telematika;
  3. Pelaksanaan perancangan pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara negara bagi kepentingan kelembagaan, pelayanan publik dan kegiatan pemerintahan Provinsi;
  4. Pelaksanaan pengembangan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan, Pusat Application Programm Interface (API) daerah;
  5. Pelaksanaan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi;
  6. Pelaksanaan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik;
  7. Pelaksanaan penyediaan prasarana dan sarana telekomunikasi pemerintah (seperti: telepon, ip-phone, email, video-conference, dan lain-lain);
  8. Pelaksanaan pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur pemerintahan, dan Penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi eGovernment Provinsi;
  9. Pelaksanaan peningkatan kapasitas aparatur dlm pengelolaan domain, Portal dan website.
  • Uraian tugas Kepala Seksi Aplikasi Telematika:
  1. menyusun bahan kebijakan Aplikasi Telematika;
  2. menyusun rencana kerja dan anggaran kegiatan Aplikasi Telematika;
  3. menentukan pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara negara bagi kepentingan kelembagaan, pelayanan publik dan kegiatan pemerintahan Provinsi;
  4. merancang interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan, Pusat Application Programm Interface (API) daerah;
  5. mengembangkan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi;
  6. mengembangkan dan memelihara aplikasi kepemerintahan dan publik;
  7. mengembangkan dan menyediakan prasarana dan sarana telekomunikasi pemerintah (seperti: telepon, ip-phone, email, video-conference, dan lain-lain);
  8. membuat konsep dan mengkaji ulang pemanfaatan sistem komunikasi oleh aparatur pemerintahan, dan Penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi eGovernment Provinsi;
  9. Menganalisis peningkatan kapasitas aparatur dlm pengelolaan domain, Portal dan website;
Program Kerja

Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa:

  1. Pengembangan Portal Induk dan Updating Pusat Informasi Prov. Kep. Bangka Belitung
  2. Penyediaan Jasa Hosting
  3. Pembangunan Call Center

Program Pengkajian dan Penelitian Bidang Komunikasi dan Informasi:

  1. Penyusunan Standar Operasional & Prosedur (SOP) Tata Kelola IT Pemerintah
  2. Penyusunan Rencana Induk Percepatan Pengembangan E-Gov Provinsi

Program Fasilitasi Peningkatan SDM Bidang Komunikasi dan Informasi:

  1. Sertifikasi SDM Pengelola IT pada Instansi Pengelola Infokom Provinsi dan Kabupaten/Kota
  2. Pelatihan IT bagi SDM Pengelolaan IT Provinsi
   
Data Staf
NO. NAMA NIP FOTO
1. Riswanto, A.Md 19821125 201402 1 001
2 Andriansyah, S.Kom 19771014 200212 1 003