Sekda Minta Kepala OPD Berdayakan Pranata Humas

PANGKALPINANG—Dinas Komunikasi dan Informatika Kepulauan Bangka Belitung harus bisa menjadi contoh bagi OPD lainnya dalam melakukan inovasi. Juga mengkoordinir dan mengatur kinerja para pranata humas yang ada di Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sehingga dapat mempublikasikan kegiatan-kegiatan penting pemerintahan baik melalui media massa cetak maupun elektronik. Untuk itu pula ke depan nanti kepala OPD diharapkan lebih memberdayakan pranata humas yang bertugas di OPD yang dipimpinnya.

Demikian antara lain pesan yang disampaikan oleh Sekda Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi saat menjadi Pembina Apel Pagi di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Babel pada Rabu (17/1).

Menurut Yan Megawandi ke depan pranata humas juga harus aktif mengirim berita kegiatan OPD dan pemerintahan ke radio seperti RRI Sungailiat dan TVRI Babel. “Ini sudah menjadi kebijakan pimpinan. Oleh sebab itu Dinas Kominfo harus bisa mengkoordinir para pranata humas untuk mengirimkan berita atau laporan ke RRI. Atur waktu ajak pranata humas kita belajar langsung ke RRI di Sungailiat,” ujar Yan Megawandi.

Setelah RRI kata Yan Megawandi, pranata humas juga harus belajar ke TVRI Babel agar bisa menggunakan sarana TVRI untuk menyebarluaskan informasi kegiatan OPD maupun kegiatan pemerintahan melalui TVRI. “Semua sarana dan media massa harus kita manfaatkan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Termasuk informasi mengenai pertanian rakyat yang sekarang tengah digalakkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” pinta Yan Megawandi.

Selain itu masih dikatakan Yan, Dinas Kominfo diminta untuk membuat surat kepada seluruh Kepala OPD yang ditandatangani Gubernur Babel agar lebih memberdayakan pranata humas di OPD yang dipimpinnya. “Sudah ada komitmen dalam pertemuan kemaren semua pranata humas wajib membuat dan mengirim berita minimal satu setiap harinya,” pungkas Yan Megawandi yang juga mantan wartawan.

Sumber: 
Dinas Kominfo