Pemanfaatan Kemajuan Teknologi Informasi (IT) Melalui Internet Cerdas, Kreatif, Produktif (INCAKAP)

Kemajuan Teknologi Informasi (TI) memberikan dampak yang berbeda . Dua dampak tersebut berupa dampak positif dan dampak negatif. Sisi positif dari pekembangan teknologi informasi sangat banyak bergantung pada manusianya bagaimana yang bersangkutan berusaha untuk memanfaatkannya secara maksimal. Sisi negatif dari  perkembangan teknologi infromasi, diantaranya adalah dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab dan adanya penurunan nilai moralitas, terutama dikalangan remaja. Namun, hal ini tentunya kembali pada manusianya, apakah kemajuan teknologi informasi ini dimanfaatkan untuk tujuan yang baik atau untuk yang tidak baik.

 

Era digital jelas memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kecerdasan manusia. Dengan adanya jaringan Internet manusia dapat menemukan berbagai macam bahan bacaan penting yang sangat membangun. Internet memudahkan manusia untuk berinteraksi dan bertransaksi secara lebih mudah dan efisien. Dengan adanya jaringan internet berita dapat disebarkan dengan begitu mudah sehingga manusia tidak harus bergantung pada media cetak semata sebagai sumber informasi yang berguna. Inilah salah satu manfaat dari kemajuan teknologi informasi.

 

Agar dapat mencegah dampak negatif atau setidaknya sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka masyarakat terutama kaum remaja perlu diberikan sebuah wawasan yang mendidik serta mengadakan sebuah program sosialisasi yang mengena dengan kondisi masyarakat bagaimana seharusnya mereka memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

  • Pengertian Internet   
  1. Internet singkatan dari Interconnected Network, yaitu suatu jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain untuk keperluan informasi dan komunikasi.
  2. Internet sering juga diartikan sebagai jaringan computer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data berupa suara, gambar, video, dan teks.

 

  • Kelebihan Internet antara lain :

Akses 24 Jam

Akses informasi di internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’. Responden penelitian yang dilakukan lewat internet bias  memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu.

Kecepatan

Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengklik berbagai icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.

Kenyamanan

Penelitian lewat internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan pengumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk dating sendiri keinstansi bersangkutan.

Kemudahan Akses

Menjamurnya bisnis warnet (warung internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat pengguna internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya.

Biaya Relatif

Tinggal men-download atau mencetak file/naskah tertentu sesuai kebutuhannya.

Interaktivitas dan Fleksibilitas

Topik dan hasil riset bias didiskusikan melalui sarana mailing list atau chatting tertentu. Selain itu, peneliti juga bisa mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak mengenai hasil penelitiannya.

Selektivitas dan Anonimitas

Salah satu persoalan dalam riset lewat internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden. Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kusioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi.belum lagi adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat e-mail berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikan jawaban.

 

  • Kelemahan Internet antara lain :
  1. Kelemahan / Dampak negatif penggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hamper semua aspek kehidupan. Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat. Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik.
  2. Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain :
  1. Adanya acaman virus
  2. Carding atau pencurian nomor kartu kredit
  3. Adanya aktivitas cracking
  4. Pembajakan karya intelektual
  5. Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi)

Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.

  • Etika Dunia Maya terdiri dari 3 (tiga) hal yaitu :

Perkembangan Teknologi

Mengubah pola hidup dan budaya manusia

Etika Dunia Maya = Etika Dunia Nyata

Perlu diajarkan sejak dini

Memberikan Nilai Tambah

Dunia maya bekembang pesat, sehat dan aman

Dalam pemanfaatan internet sehat dan aman dikalangan remaja, melalui Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (INCAKAP), dapat membantu para remaja untuk lebih memahami manfaat dan bahaya internet, sehingga para remaja dapat memanfaatkan internet secara baik, aman dan sehat.

  • Cerdas :

Mampu memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya, dan norma yang berlaku, seperti :

  1. Tidak mengumbar data pribadi yang penting di internet
  2. Tidak membalas email dari seseorang yang tidak dikenal
  3. Tidak mengunjungi situs link yang mencurigakan
  4. Tidak mudah percaya begitu saja setiap informasi yang didapat dari internet
  5. Gunakan tata bahasa yang baik selama berkomunikasi melalui internet
  6. Perhatikan dan turuti hak cipta atas setiap konten yang berada di internet
  7. Manfaatkan internet sebagai gudang ilmu yang dapat menunjang keseharian
  8. Berpikir ulang dalam mempublikasikan sesuatu di internet
  9. Gunakan password yang sulit di tebak
  10. Gunakan akses internet seperlunya

 

  • Kreatif

Mampu menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah, seperti :

  1. Buatlah karya original berupa tulisan, foto, video, game, atau aplikasi lainnya dan unggah ke internet
  2. Gunakan media social untuk mempromosikan karyamu
  3. Ikut sertakan karyamu pada ajang cipta karya yang banyak diadakan di dalam dan di luar negeri
  4. Karya original mengenai kebudayaan, kuliner atau pariwisata yang diunggah ke internet akan membantu mempromosikan kekayaan Indonesia di mata dunia

 

  • Produktif

Mampu mendapatkan atau memberikan manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi dan internet, untuk diri sendiri dan orang  lain, seperti :

  1. Mulailah berbisnis online
  2. Untuk menambah penghasilan dan memperluas jaringan bisnis
  3. Buatlah karya (game, aplikasi, desain, dll) yang dapat dijual di internet
  4. Memanfaatkan situs jual-beli online terpercaya untuk jual-beli barang atau bekas
  5. Gunakan internet untuk menambah pengetahuan

Untuk meningkatkan kemampuan dalam memaksimalkan dari penggunaan teknologi dan internet, yang dapat memberikan manfaat dan nilai tambah, diantaranya adalah :

  1. Ikut serta dalam mensosialisasikan penggunaan Internet secara Sehat dan Aman menuju Masyarakat Cerdas, Kreatif dan Produktif
  2. Mancari ilmu dan pengetahuan serta menciptakan karya dengan memanfaatkan budaya setempat
  3. Mengikuti berbagai kompetensi : INAICTA, APICTA, AICTA, Lomba Blog, Lomba e-Mading, Lomba Robot, Duta Insan

 

  • Manfaat Internet Antara Lain :

Searching

Mencari informasi, data, gambar dan pengetahuan, Ortu wajib memberikan pengarahan

Game Online

Banyak anak menyukai game online. Agar diingatkan game yang sesuai umur dan batasi waktu untuk bermain game

Learning

Pembelajran untuk menulis jurnal atau pengetahuan. Bimbingan ortu tentang cara menulis

Collecting

Banyak anak senang mengoleksi gambar, lagu, video. Ortu wajib memantau koleksi yang disukai anak

Communicating

Saat ini jejaring social menjadi tempat mencari teman dan curhat. Ortu dapat memantau aktivitas akun anak.

Creating

Wadah kreatifitas dan inovasi. Dorongan ortu untuk memanfaatkan internet dalam berkreasi.

 

  • Dalam penggunaan dan pemanfaatan internet, perlu diwaspadai adanya bahaya tersembunyi diantarnya :
  1. Cyber Bullying    : Kekerasan dan pelecehan melalui internet
  2. Cyber Fraud       : Informasi tidak benar di internet (hoak). Penipuan transaksi online
  3. Cyber Gambling : Permainan judi berkedok game social media
  4. Cyber Stalking    : Penculikan dengan kenalan di social media

Banyak pengaduan kejahatan online yang disampaikan ke lembaga terkait yang menangani hal tersebut. Ini merupakan dampak bahaya dari kemajuan Teknologi Informasi yang sekarang sering kita temui salah satunya adalah penyebarluasan dan penggunaan pornografi, pencemaran nama baik serta pelanggaraan hak cipta yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dengan ini diperlukan perlindungan hukum yang mengatur di dunia Cyber di Indonesia.

 

  • Undang-undang Yang Mengatur Di Dunia Cyber Di Indonesia antara lain :

UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Perbuatan yang dilarang antara lain :

  1. Pasal 27           : Kesusilaan, perjudian, penghinaan/pencemaran nama baik dan pemerasan
  2. Pasal 28           : Berita bohong dan SARA
  3. Pasal 29           : Ancaman kekerasan

UU No. 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi

Larangan dan Batasan antara lain :

  1. Pasal 5              : Mengunduh Pornografi
  2. Pasal 6              :Memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki atau menyimpan produk pornografi
  3. Pasal 13           : Pembuatan, penyebarluasan dan penggunaan pornografi

 

UU No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta

Pembatasan Hak Cipta :

  1. Pasal 14           :Tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta (perbanyakan lambing Negara, pengambilan berita actual dari kantor berita, lembaga penyiaran dan surat kabar)
  2. Pasal 15           : Tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta dengan syarat mencantumkan sumber (kepentingan pendidikan, pengadilan dan ceramah)

 

 

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hana Lestari

Artikel Lainnya

19 Oct 2017 | Anna Tiffanie, S...

11 May 2015 | http://prakom....

11 May 2015 | http://prakom....

04 May 2015 | Dinas Kominfo...

21 Jul 2014 | Yii Indonesia...

05 Jul 2014 | www.teknologi-...

Artikel Populer

11 May 2015 | 1,381 views

11 May 2015 | 841 views

05 Jul 2014 | 823 views